SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Biologi
Sasaran : Siswa SMA Kelas XII IPA Semester 1
Durasi : 1 jam pelajaran (1 x
30 menit)
Keterampilan
yang diunggulkan : keterampilan
mengajar simulasi
Materi
Pembelajaran : Peristiwa mutasi
Kompetensi inti :Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan proseduran pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan
peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas
Indikator
: 1. Menjelaskan peristiwa mutasi
2. Menyebutkan macam-macam mutasi
3. Mengaitkan konsep mutasi dengan
konsep ketuhanan
Tujuan
pembelajaran :
Indikator
|
Tujuan
|
1. Menjelaskan peristiwa mutasi
|
a. siswa kelas XII IPA semester 1 dapat menjelaskan pengertian mutasi
dengan benar melalui diskusi kelas
|
2. Menyebutkan
macam-macam mutasi
|
a.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat menjelaskan tentang mutasi gen dan mutasi kromosom dengan benar melalui
tanya jawab
b.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu duplikasi dengan benar melalui metode
simulasi
c.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu adisi dengan benar melalui metode
simulasi
d.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu delesi dengan benar melalui metode
simulasi
e.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu inversi dengan benar melalui metode
simulasi
f.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu substitusi dengan benar melalui
metode simulasi
|
3.
Mengaitkan konsep mutasi dengan
konsep ketuhanan
|
a.
Siswa kelas XII IPA semester 1
dapat mengaitkan konsep mutasi yang didapat dengan konsep ketuhanan melalui
ceramah
|
Skenario Pembelajaran
Pembukaan
Durasi waktu : 5 menit
|
1. Guru
masuk kelas dan mengucapkan salam.
2. Guru
meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
3. Guru
mempresensi kehadiran siswa.
4. Guru
menanyakan kesiapan siswa menerima materi pelajaran “Apa kabar anak-anak?”
5.
Guru menarik perhatian siswa
dengan media pembelajaran berupa model DNA
6. Guru mengkaitkan materi pelajaran minggu lalu yang
telah dipelajari mengenai kromosom,
DNA, dan gen
7. Guru menjelaskan secara singkat mengenai tujuan pembelajaran
yang akan
dilakukan pada hari ini.
8. Guru mengarahkan siswa melalui pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pernapasan dari kegiatan tersebut.
9. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok secara
heterogen dengan jumlah
masing masing kelompok 5/6 orang.
|
Inti
Durasi waktu : 20 menit
5 menit pertama siswa mendengarkan
penjelasan guru
10 menit bermain peran
5 menit selanjutnya mengerjakan LKS
dan diskusi kelompok
|
1.
Guru membagi LKS pada siswa
2.
Guru memberikan penjelasan kepada
siswa tentang materi mutasi
3.
Guru mempersiapkan siswa untuk
melakukan simulasi mutasi gen
4.
Guru memanggil 2-3 orang
perwakilan dari setiap kelompok
5.
Guru meminta siswa untuk
melakukan simulasi terjadinya mutasi gen (duplikas, adisi, delesi)
6.
Guru memberikan penjelasan
bersamaan dengan kegiatan simulasi (duplikas, adisi, delesi)
7.
Guru meminta siswa kloter pertama
untuk duduk dan memanggil siswa kloter kedua (yang belum melakukan simulasi)
8.
Guru meminta siswa melakukan
simulasi terjadinya mutasi gen (inversi dan substitusi)
9.
Guru memberikan penjelasan
bersamaan dengan kegiatan simulasi (inversi dan substitusi)
10.
Guru membimbing simulasi yang
dilakukan siswa
11.
Guru menghentikan simulasi
12.
Guru meminta siswa untuk
mengerjakan LKS dan berdiskusi di kelompoknya
|
Penutup
Durasi waktu : 5 menit
|
1.
Guru membantu siswa untuk
mengungkapkan kesulitan yang dihadapi
2.
Guru membagi soal post test
kepada siswa
3.
Guru membantu siswa membuat
kesimpulan
4.
Guru menarik kembali LKS yang
telah diberikan
5. Guru
memotivasi siswa untuk terus belajar dengan rajin dan selalu membaca buku.
6. Guru menanyakan kepada siswa, “Apakah anak-anak ada
yang bertanya atau menyampaikan pendapat sebelum pelajaran hari ini Ibu tutup?”
7.
Guru memberikan penguatan dan
menghubungkan materi dengan konsep ketuhanan (menghubungkan mutasi dengan
keanekaragaman individu)
8.
Guru meminta ketua kelas untuk
memimpin doa
9.
Guru menutup pelajaran dan
mengucapkan salam
|
Metode
yang digunakan : ceramah, diskusi
kelompok, diskusi kelas, dan simulasi
Properti yang digunakan : power point, Lembar Kerja Siswa,
kertas bertuliskan basa nitrogen.
DAFTAR
PENILAIAN SISWA
No.
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
|
Bertanya
|
Menjawab
|
||
1
|
Afif Saifudin
|
|
|
2
|
Dewa Ayu S
|
|
|
3
|
Alfiah N. R
|
|
|
4
|
Atika F
|
|
|
5
|
Bima D.
|
|
|
6
|
Diah Ayu P.
|
|
|
7
|
Endah H.
|
|
|
8
|
Fatimah Dewi R. S.
|
|
|
9
|
Fina Zakiyah
|
|
|
10
|
Fetty H.
|
|
|
11
|
Gupita Laksmi
|
|
|
12
|
Humila Ainun
|
|
|
13
|
Indah N. L.
|
|
|
14
|
Nadhia K. D.
|
|
|
15
|
Pipit Tri H
|
|
|
16
|
Putri I.
|
|
|
17
|
Rifatul A.
|
|
|
18
|
Rizky Alfarizy
|
|
|
19
|
Sinta A.
|
|
|
20
|
Sinta R. W.
|
|
|
21
|
Utaria Mutasam
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar