Kamis, 13 November 2014

contoh skenario pembelajaran simulasi

SKENARIO PEMBELAJARAN

Mata pelajaran                                     : Biologi
Sasaran                                                : Siswa SMA Kelas XII IPA Semester 1
Durasi                                                  : 1 jam pelajaran (1 x 30 menit)
Keterampilan yang diunggulkan         : keterampilan mengajar simulasi
Materi Pembelajaran                           : Peristiwa mutasi
Kompetensi inti                                    :Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan proseduran pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi Dasar                                : Mendeskripsikan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas
Indikator :  1. Menjelaskan peristiwa mutasi
2. Menyebutkan macam-macam mutasi
3. Mengaitkan konsep mutasi dengan konsep ketuhanan
Tujuan pembelajaran               :
Indikator
Tujuan
1. Menjelaskan peristiwa mutasi
      a. siswa kelas XII IPA semester 1 dapat menjelaskan pengertian mutasi dengan benar melalui diskusi kelas
2.    Menyebutkan macam-macam mutasi
a.         Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat menjelaskan tentang mutasi gen dan mutasi kromosom dengan benar melalui tanya jawab
b.        Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu duplikasi dengan benar melalui metode simulasi
c.         Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu adisi dengan benar melalui metode simulasi
d.        Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu delesi dengan benar melalui metode simulasi
e.         Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu inversi dengan benar melalui metode simulasi
f.         Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat mengetahui proses mutasi gen yaitu substitusi dengan benar melalui metode simulasi
3.      Mengaitkan konsep mutasi dengan konsep ketuhanan
a.         Siswa kelas XII IPA semester 1 dapat mengaitkan konsep mutasi yang didapat dengan konsep ketuhanan melalui ceramah





Skenario Pembelajaran
Pembukaan
Durasi waktu : 5 menit
1.      Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
2.      Guru meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
3.      Guru mempresensi kehadiran siswa.
4.      Guru menanyakan kesiapan siswa menerima materi pelajaran “Apa kabar anak-anak?”
5.      Guru menarik perhatian siswa dengan media pembelajaran berupa model DNA
6.      Guru mengkaitkan materi pelajaran minggu lalu yang telah dipelajari mengenai kromosom, DNA, dan gen
7.      Guru menjelaskan secara singkat mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
8.      Guru mengarahkan siswa melalui pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pernapasan dari kegiatan tersebut.
9.      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok secara heterogen dengan jumlah masing masing kelompok 5/6 orang.
Inti
Durasi waktu : 20 menit
5 menit pertama siswa mendengarkan penjelasan guru
10 menit bermain peran
5 menit selanjutnya mengerjakan LKS dan diskusi kelompok
1.      Guru membagi LKS pada siswa
2.      Guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang materi mutasi
3.      Guru mempersiapkan siswa untuk melakukan simulasi mutasi gen
4.      Guru memanggil 2-3 orang perwakilan dari setiap kelompok
5.      Guru meminta siswa untuk melakukan simulasi terjadinya mutasi gen (duplikas, adisi, delesi)
6.      Guru memberikan penjelasan bersamaan dengan kegiatan simulasi (duplikas, adisi, delesi)
7.      Guru meminta siswa kloter pertama untuk duduk dan memanggil siswa kloter kedua (yang belum melakukan simulasi)
8.      Guru meminta siswa melakukan simulasi terjadinya mutasi gen (inversi dan substitusi)
9.      Guru memberikan penjelasan bersamaan dengan kegiatan simulasi (inversi dan substitusi)
10.  Guru membimbing simulasi yang dilakukan siswa
11.  Guru menghentikan simulasi
12.  Guru meminta siswa untuk mengerjakan LKS dan berdiskusi di kelompoknya




Penutup
Durasi waktu : 5 menit
1.      Guru membantu siswa untuk mengungkapkan kesulitan yang dihadapi
2.      Guru membagi soal post test kepada siswa
3.      Guru membantu siswa membuat kesimpulan
4.      Guru menarik kembali LKS yang telah diberikan
5.      Guru memotivasi siswa untuk terus belajar dengan rajin dan selalu membaca buku.
6.      Guru menanyakan kepada siswa, “Apakah anak-anak ada yang bertanya atau menyampaikan pendapat sebelum pelajaran hari ini Ibu tutup?”
7.      Guru memberikan penguatan dan menghubungkan materi dengan konsep ketuhanan (menghubungkan mutasi dengan keanekaragaman individu)
8.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa
9.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam

Metode yang digunakan         : ceramah, diskusi kelompok, diskusi kelas, dan simulasi
Properti yang digunakan        : power point, Lembar Kerja Siswa, kertas bertuliskan basa nitrogen.




DAFTAR PENILAIAN SISWA
No.
Nama Siswa
Keaktifan
Bertanya
Menjawab
1
Afif Saifudin


2
Dewa Ayu S


3
Alfiah N. R


4
Atika F


5
Bima D.


6
Diah Ayu P.


7
Endah H.


8
Fatimah Dewi R. S.


9
Fina Zakiyah


10
Fetty H.


11
Gupita Laksmi


12
Humila Ainun


13
Indah N. L.


14
Nadhia K. D.


15
Pipit Tri H


16
Putri I.


17
Rifatul A.


18
Rizky Alfarizy


19
Sinta A.


20
Sinta R. W.


21
Utaria Mutasam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar